Batu Kalimaya

Batu Kalimaya adalah jenis batu permata (batu mulia) dari kelompok opal, yaitu mineral silika dengan formula  SiO2.nH2O . Tidak berbentuk Kristal seperti kuarsa (amorf), mempunyai tingkat kekerasan  5.5 sd 6,5  pada skala    Mohs.

Batu Kalimaya atau Opal merupakan batu permata yang memiliki sifat optik yang sangat unik, menampilkan warna pelangi yang senantiasa berubah tergantung pada sudut pengamatan. Permainan warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.

Masyarakat di seluruh dunia mengenal Kalimaya dengan sebutan Batu Opal yang terbentuk dari mineral silika dan memiliki tingkat kekerasan mencapai 5.5 s/d 6.5 pada skala Mohs. Karena keindahannya itu pula batu permata ini mendapat julukan sebagai batu mulia terbaik di dunia dengan sebutan The Queens of Gems atau Ratunya Batu Mulia. Hal tersebut tidak terlepas dari bercampurnya keindahan batu permata jenis lain seperti ruby, zamrud, topas, kecubung, hingga saphire dalam kilauan sebuah batu opal atau Kalimaya.

Batu Kalimaya atau batu opal memiliki karakteristik yang sangat unik yang membedakannya dari jenis batu mulia lainnya. Struktur internal yang unik membuat batu kalimaya menjadi lentur terhadap masuknya cahaya sehingga bisa memancarkan beragam warna dalam kilauannya.  Kilauan dari batu kalimaya itu umumnya adalah warna putih yang dikombinasikan dengan warna abu-abu, merah oranye, kuning, hijau, biru, magenta, merah muda, zaitun, coklat dan hitam.

Sedangkan untuk jenis batu kalimaya dengan parpaduan warna merah dan hitam merupakan jenis batu permata yang sangat langka namun untuk jenis yang umum adalah yang mempunyai perpaduan warna putih dan hijau,Batu kalimaya memiliki jenis warna, di  antaranya Kalimaya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau,  Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal susu dan lain-lain.

Ciri Batu Kalimaya Asli   sebenarnya sedikit mirip dengan  Batu Bacan  yaitu jika dibakar tidak meleleh sedangkan ciri kalimaya palsu juga bisa kita lihat dari keberadaan serat yang terletak di dalam bebatuan alam. Pembeli harus teliti untuk membedakan Batu Kalimaya Asli atau Palsu dipasaran karena produk asli memang merupakan batuan alam yang memiliki nilai seni tinggi dan memberikan manfaat untuk sang pemakai.

Batu Kalimaya menjadi salah satu jenis batu yang cukup digemari oleh para penggemar atau pengkoleksi batu mulia. Perpaduan aneka warna yang terkandung di dalam batu tersebut membuat batu jenis ini memiliki daya tarik tersendiri,Keindahan batu Kalimaya sudah dikenal sejak jaman dahulu, sebab pancaran warna yang dikandung batu permata ini indah dan jernih. Batu Kalimaya juga memiliki beberapa jenis warna yang cantik. Antara lain Kalimaya dengan dasar putih serta kombinasi abu-abu, coklat, merah, pink, hijau, biru, dan lainnya. Juga Kalimaya Hitam, Kalimaya Merah Hitam yang termasuk jenis langka, dan Kalimaya kristal.

Permintaan batu kalimaya,  selain pasar domestik juga mancanegara cukup banyak. Diaantaranya,  batu kalimaya asal Kabupaten Lebak-Bantaen memiliki keunggulan dibandingkan dari  negara lain di dunia.  Selain warna tidak menghilang juga sangat  mempesona karena punya aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu,  biru dengan warna pelangi.

No comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner